Mengunjungi 8 Festival Tahunan Jogja  yang Tidak Kalah Menarik dari Wisata Alamnya

Mengunjungi 8 Festival Tahunan Jogja  yang Tidak Kalah Menarik dari Wisata Alamnya
5 (100%) 6 votes

Festival Tahunan Jogja – Menginjakkan kaki berkali-kali di tanah Jogja seakan tak mampu membuat siapa pun bosan. Bagaimana tidak, Jogja selalu punya cara untuk membuat wisatawan kembali. Selain destinasi wisata alamnya yang menakjubkan, Jogja juga memiliki event tahunan bernuansa budaya yang akan membuat liburanmu terasa “beda” dan semakin berkesan Festival Jogja

Ya, berkunjung ke kota budaya sepertinya kurang greget kalau belum mengeksplor suguhan budaya yang ada.  Kali ini, Garasi Jogja akan mengulas beberapa festival tahunan menarik dan  yang paling ditunggu-tunggu di Jogja.

8 Festival Tahunan Jogja Menarik Untuk di Saksikan

Buat kamu yang berencana liburan ke Jogja dan bingung pengin kemana atau ngapain aja, festival-festival tersebut bisa masuk dalam daftar liburanmu.  Nah, kira-kira festival apa saja dan kapan sih diselenggarakannya? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya berikut ini festival di jogja 2017

Baca The House Of Raminten Ikon Kuliner Unik di Jogja 

Festival Tahunan Jogja Sekatenan di Alun – alun

Kita awali dengan perayaan Sekaten, pesta rakyat berakar tradisi yang selalu dinanti

Pesta rakyat yang digelar Keraton Kesultanan Yogyakarta ini merupakan tradisi untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Biasanya akan ada arak-arakan prajurit dan abdi dalem Keraton yang membawa gunungan hasil panen festival tahunan jogja

festival sekaten jogja

dok.hipwee

Selain bisa menyaksikan arak-arakan dan memperebutkan isi gunungan, kamu juga bisa mengunjungi Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) di Alun-Alun Utara Keraton. PMPS dibuka sebulan penuh dan menawarkan berbagai jenis hiburan, mulai dari aneka wahana pasar malam hingga panggung liburan. Oh ya, kamu juga bisa berwisata kuliner dan berburu barang sehari hari atau souvenir dengan harga miring. Seru, kan?

Artikel lain Sewa Motor Jogja Terbaru

Festival Kirab Manten Tebu di jogja

Masih berkaitan dengan tradisi nih, ada Upacara Cembengan atau Kirab Manten Tebu

Tradisi Cembengan adalah ritual tahunan untuk meminta keselamatan dan hasil gula yang baik. Ritual ini diadakan setiap tahunnya menjelang musim giling tiba atau sekitar bulan April dan bertempat di sekitar kompleks Pabrik Gula Madukismo, Kab. Bantul, Jogjakarta.

festival tahunan jogja - kirab manten tebu

dok.madukismo

Dalam ritual turun-temurun PG Madukismo tersebut, tebu pilihan akan dinikahkan layaknya pengantin Jawa sungguhan! Ya, kedua mempelai tebu akan menjalani kirab manten, ijab, hingga resepsi atau syukuran. Karena itulah tradisi ini disebut Kirab Manten Tebu.

Festival Kesenian Yogyakarta (FKY)

Pengin tahu meriahnya event seni terbesar di Yogya? Datang yuk ke Festival Kesenian Yogyakarta

Antara bulan Juli hingga September, Dinas Kebudayaan Provinsi DIY tiap tahunnya menggelar festival kesenian terbesar bertajuk Festival Kesenian Yogyakarta. Kalau kamu datang ke Jogja bertepatan dengan FKY, beuh, dijamin deh liburanmu bakal istimewa, kenapa?

festival tahunan jogja - festival kesenian yogyakarta

FKY dokumentasi Kompas

Karena kamu bisa melepas kepenatan dengan menikmati pertunjukkan seni—baik tradisional maupun kontemporer—yang ditampilkan seniman lokal dan mancanegara,  menyaksikan pemutaran film-film karya anak muda Jogja, hingga berburu makanan enak atau barang-barang antik.

Festival Gamelan Yogyakarta

Selain FKY, ada juga Festival Gamelan Yogyakarta yang enggak kalah seru.

festival tahunan jogja

dok.tribun

Permainan gamelan lokal di Festival Gamelan Yogyakarta sedikit beda dari yang lain karena disajikan dengan gaya yang lebih modern. Tak hanya pemain gamelan lokal, berbagai negara juga ikut menjadi pengisi acara di event yang biasanya diadakan pada bulan Juli di Gedung PKKH UGM ini. Oh ya, festival gamelan dibuka untuk umum dan enggak dipungut biaya sama sekali, lho! Asyik, kan?

Festival Jogja Budaya Tionghoa

Liburan ke Jogja di awal tahun? Pastikan kamu enggak melewatkan Pekan Budaya Tionghoa yang super seru dan meriah.

festival tahunan di jogja

Dok by jogja.co

Kalau kamu kebetulan ada di Jogja saat Imlek, coba deh melipir ke pecinan Kampung Ketandan di kawasan Malioboro. Kamu akan disuguhi berbagai atraksi budaya Tionghoa mulai dari wayang Po Tay Hee, Liang Liong, hingga Barongsai. Selain pertunjukan yang meriah, ada juga bazar kuliner dan pernak-pernik. Berbagai perlombaan seru juga diadakan yang tentunya sayang untuk dilewatkan.

Festival Pasar Kangen Jogja

Selanjutnya ada event Pasar Kangen dan Festival Jajanan Kekoenoan dan Kekinian yang mengajakmu bernostalgia dengan nuansa Jogja tempo dulu.

Liburan sambil bernostalgia pastinya seru banget. Nah, antara bulan Juli—Agustus biasanya ada yang dinamakan Pasar Kangen, yang diadakan di Taman Budaya Yogyakarta. Di pasar ini kamu bisa menemukan berbagai macam barang kuno dan makanan jadul pastinya. Selain berburu barang dan makanan jadul, kamu bisa menikmati sajian pertunjukan seni tradisional festival tahunan jogja

festival tahunan jogja yang menarik

Dok.kompas

Belum puas nostalgianya? Tenang, masih ada Festival Jajanan Kekoenoan dan Kekinian yang diselenggarakan antara bulan Oktober—November di Jogja Expo Center (JEC). Sama halnya dengan Pasar Kangen, kamu bisa menemukan aneka jajanan kuno di sini.

Festival Jogja Musik Jazz – Ngayogjazz

Last but not least, Jogja punya Ngayogjazz yang menyuguhkan musik jazz dengan nuansa pedesaan

Di mana lagi kamu bisa menikmati konser musik jazz yang dipadukan dengan budaya lokal, tapi enggak dipungut biaya alias gratis? Ya, cuma  di Ngayogjazz saja! Yup, festival musik jazz tahunan yang diselenggarakan sejak 2007 silam ini menyuguhkan alunan musik jazz dengan atmosfer perdesaan Jogja. Kebayang enggak tuh serunya? festival jogja,festival di jogja

festival tahunan jogja ngayogjazz

dok.setiawan

Enggak hanya musisi lokal yang unjuk gigi, musisi asing juga turut meramaikan acara yang biasanya digelar pada bulan November tersebut. Selain menikmati suguhan musik jazz, kamu juga bisa berburu kuliner dan souvenir di Pasar Jazz.

Bagaimana, seru-seru banget kan festival tahunan yang ada di Jogja?  Enggak ada salahnya, lho, untuk memasukkannya ke dalam daftar liburanmu. Ya, biar liburanmu di Jogja semakin berwarna karena bisa mencicipi keindahan alam Jogja hingga budayanya. Selamat berlibur festival tahunan jogja