Berlibur di Jogja? Jangan Lupa 7 Oleh-Oleh Khas Jaman Now dan Kekinian ini

Berlibur di Jogja? Jangan Lupa 7 Oleh-Oleh Khas Jaman Now dan Kekinian ini
Rate this post

Setelah puas berkeliling tempat-tempat wisata menarik di Jogja, jangan lupa menyempatkan diri mencari oleh-oleh untuk orang-orang terkasih di rumah. Ya, sentra oleh-oleh sepertinya menjadi destinasi wajib yang susah ditolak pada saat liburan oleh oleh khas jogja

Wah, kira-kira mau bawa apa ya sepulangnya dari Jogja? Bakpia?

Hemm, bakpia memang sudah lama menjadi oleh-oleh favorit kalau berkunjung ke Jogja. Namun, masih banyak kok oleh-oleh Jogja lainnya yang enggak boleh terlewatkan; mulai dari oleh-oleh khas hingga kekinian, semuanya ada.

Oleh oleh Khas Jogja Kekinian

Nah, Garasi Jogja punya beberapa rekomendasi oleh-oleh Jogja yang bisa kamu bawa pulang sebagai bingkisan untuk keluarga atau orang-orang terdekat.  Tak perlu berlama-lama, yuk langsung saja kita lihat daftarnya berikut ini.

oleh oleh jogja,oleh oleh khas jogja,oleh oleh terkenal di jogja,oleh oleh populer di jogja,oleh oleh terbaru di jogja

Bakpia Kencana

Kurang afdhol enggak sih kalau ke Jogja enggak beli bakpia? Ya, meskipun dari dulu kalau dari Jogja selalu bawa bakpia, toko-toko bakpia enggak pernah sepi pengunjung, tuh. Dari hari ke hari bahkan bermunculan bakpia dengan inovasi baru seperti Bakpia Kencana, yang saat ini sedang hits di kalangan wisatawan.

oleh oleh khas jogja

Bakpia Kencana

Bakpia premium ini memiliki delapan varian rasa dan yang jadi unggulan adalah keju, cokelat, green tea, dan ubi ungu. Dengan teksur lembut dan serta isian yang enggak tanggung-tanggung, bakpia ini sukses mengambil hati para wisatawan. Harganya memang lebih mahal sih mulai dari Rp 53.000—Rp 66.000, tapi soal rasa dijamin maknyus deh!

Lokasi:  Jalan Wates Km 6, Gamping ; Jalan Magelang Km 23, Salam Magelang; dan Jalan Adisucipto No. 17, Jogjakarta.

Gudeng Kaleng Wijilan

Sekarang kalau mau bawa pulang gudeg khas Jogja enggak perlu khawatir basi karena sudah ada gudeg kalengan yang lebih praktis buat dijadikan oleh-oleh. Nah, salah satu sentra gudeg yang populer di Jogja adalah Kampung Wijilan. Kamu bisa bertandang ke sana dan mengunjungi warung milik Bu Lies yang menyediakan gudeg dengan kemasan kaleng.

oleh oleh khas jogja terkenal

Gudeg Kaleng

Gudeng Kaleng Wijilan Bu Lies memiliki beberapa varian rasa yang berbeda, mulai dari gudeg ayam telor, gudeng ayam, sambel krecek, rica-rica entok, hingga gudeg vegetarian. Seporsi gudeg kaleng bisa dinikmati 2—3 orang dan bisa bertahan hingga satu tahun. Soal harga bervariasi, mulai dari Rp 40.000—50.000 per kalengnya.

Lokasi: Jalan Wijilan No. 5, Panembahan, Kraton, Jogjakarta oleh oleh khas jogja

Geplak Mbok Tumpuk

Geplak adalah kudapan manis khas bantul yang terbuat dari ketan, parutan kelapa dan gula pasir. Kue ini berbentuk bola kecil dan memiliki warna yang bermacam-macam. Nah, salah satu tempat yang sudah melegenda dengan olahan geplaknya adalah Warung Geplak dan Peyek Mbok Tumpuk.

oleh oleh khas jogja enak dan murah

Geplak

Di warung ini, kamu bisa menemukan geplak aneka warna dengan berbagai varian rasa seperti durian, gula jawa, jeruk, coklat, nangka, dan lain-lain. Untuk harga cukup terjangkau kok, Rp 42.000/kilo-nya.

Lokasi: Jalan KHA. Wahid Hasyim No. 104, Bantul, Jogjakarta.

Yangko Pak Prapto

Bisa dibilang, penampakan yangko ini agak mirip dengan geplak yang berwarna-warni. Bahan dasarnya pun sama-sama ketan, bedanya yangko memiliki tekstur agak kenyal dan bentuknya kotak. Nah, kalau pengin bawa pulang yangko untuk oleh-oleh, Garasi Jogja merekomendasikan Yangko Pak Prapto yang sudah berdiri sejak 1921.

oleh oleh populer di jogja,oleh oleh terbaru di jogja

oleh oleh terkenal di jogja

Yangko

Yangko ini memiliki beberapa varian rasa diantaranya durian, nangka, cokelat, jeruk, wijen, kacang dan framboze. Satu kotak yangko berisi 30 biji dijual dengan harga Rp 30.000 dan bertahan selama satu minggu.

Lokasi:  Jalan Pramuka No.82, Umbulharjo, Jogjakarta.

Cokelat Monggo

Kamu enggak perlu ke Belgia untuk bisa membawa pulang oleh-oleh cokelat berkualitas. Ya, kamu bisa mengunjungi pabrik  Cokelat Monggo dan memborong cokelat lezat asli Jogja yang dijual di sana.

oleh oleh jogja,oleh oleh khas jogja,oleh oleh terkenal di jogja

oleh oleh populer di jogja

Coklat Manggo

Pabrik Cokelat Monggo yang didirikan sejak tahun 2005 silam ini menjual cokelat batangan berkualitas dengan berbagai pilihan rasa seperti praline, karamel, stroberi, mangga, cokelat susu, marzipan, durian, dan lain-lain. Cokelat Monggo dijual mulai dari harga Rp 20.000– Rp 235.000 dan bisa jadi alternative buah tangan untuk orang-orang tersayang.

Lokasi: Jalan Dalem KG III / 978, Purbayan Kotagede, Jogjakarta oleh oleh khas jogja

Jogja Scrummy

Jogja Scrummy merupakan oleh-oleh kekinian milik pesinetron Dude Harlino. Kayak apa sih penampakannya? Kue satu ini merupakan perpaduan antara brownies kukus dan puff pastry, dengan berbagai macam isian yang menggugah selera. Sebut saja taro, cokelat, keju, karamel, mangga, dan srikaya.

oleh oleh populer di jogja,oleh oleh terbaru di jogja

oleh oleh khas jogja terbaru

Jogja Scrummy

Tekstur brownisnya yang lembut, puff pastry yang renyah dan isian yang meleleh di mulut dijamin bikin siapa pun ketagihan. Karena itulah kue kekinian ini sangat pas untuk dijadikan oleh-oleh. Untuk harga, satu kotak Jogja Scrummy dibanderol dengan harga Rp 45.000.

Lokasi: Ruko Cakra Jalan Kaliurang Km. 5,5 nomor 44 Depok, Sleman, Jogjakarta  dan Jalan Jogonegaran, Sosromenduran, Gedong Tengen, Jogjakarta.

Mamahke Jogja

Selain Scrummy, ada lagi nih bisnis oleh-oleh kekinian yang dikelola Zaskia Mecca dan Hanung Bramantyo yaitu Mamahke Jogja. Hampir mirip sih dengan Jogja Scrummy, bedanya kue ini terdiri atas tiga lapis, cake kemudian adonan pastry di tengah dan cake lagi di atasnya. Sekali gigit nih, kamu bisa merasakan dua sensasi sekaligus, cake yang begitu lembut dan renyahnya pastry.

oleh oleh jogja,oleh oleh khas jogja,oleh oleh terkenal di jogja

oleh oleh khas jogja

Mamahke jogja

Meskipun diberi olesan krim di bagian atas atau tengah, rasanya dijamin enggak bikin enek. Nah, Mamahke Jogja memiliki beberapa varian rasa antara lain cokelat, green tea choco, choco banana, keju, red velvet, dan tiramisu. Satu kotak mamahke Jogja dijual mulai dari harga Rp 55.000—Rp 60.000. Kue ini bisa tahan 2—4 hari di suhu ruang dan 5—7 hari di lemari pendingin oleh oleh khas jogja

Lokasi: Jalan Tamanan I No. 329, Tamansari, Jogjakarta.

Wah, ternyata enggak hanya destinasi wisatanya saja yang beragam, oleh-oleh asal Jogja juga banyak pilihannya. Bagaimana, sudah siap berlibur ke Jogja?

oleh oleh jogja,oleh oleh khas jogja,oleh oleh terkenal di jogja,oleh oleh populer di jogja,oleh oleh terbaru di jogja