Indahnya Sunset di Spot Riyadi Jogja – Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk

Spot Riyadi Jogja – Sebuah destinasi wisata jogja bisa muncul dari ketidaksengajaan. Siapa sangka, tempat yang dulu hanyalah sebuah pekarangan rumah warga, akhirnya disulap menjadi pelataran yang nyaman untuk menikmati panorama Jogja dari ketinggian.

rute spot riyadi jogja

@halewistantama

Ya, kita sedang berbicara tentang Spot Riyadi, destinasi yang tengah hangat diperbincangkan di kalangan pejalan. Jika kamu melancong ke Jogja, rasanya kurang lengkap jika tak menyempatkan diri menikmati suguhan menarik di sana.

Berawal dari Pekarangan Bapak Riyadi di Perbukitan Selatan Prambanan

Jika kita menoleh ke belakang, tepatnya di tahun 2005, Spot Riyadi hanyalah halaman rumah warga yang dianugerahi pemandangan istimewa. Berada persis di pinggiran tebing, halaman rumah Bapak Riyadi ini menawarkan keindahan lanskap Kota Jogja di satu sisi, serta keanggunan Candi Prambanan dan Candi Sojiwan di sisi lain.

spot riyadi jogja

@m_rizzalfadly

Tak hanya itu saja, dari atas tebing kita juga bisa menengok kemegahan lima gunung sekaligus saat cuaca sedang cerah; Gunung Merapi, Gunung Lawu, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, dan Gunung Sumbing. Ah, benar-benar atraksi alam yang luar biasa menakjubkan.

Inilah yang membuat halaman rumah Bapak Riyadi menjadi spot menarik bagi para pecinta fotografi  dan komunitas pesepeda yang menjadikan pekarangan Bapak Riyadi sebagai tujuan akhir untuk beristirahat. Mereka satu per satu datang ke Desa Dawangsari (sebutan untuk tempat ini sebelum dikenal dengan nama Spot Riyadi), dan dari cerita mereka pulalah tempat ini menjadi populer seperti sekarang.

Hal Yang Bisa dilakukan di Spot Riyadi

Atraksi Menakjubkan di Spot Riyadi dan Berbagai Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Sana

Hari demi hari, traveler yang datang ke Spot Riyadi makin tak terbendung jumlahnya, apalagi setelah foto-foto tempat ini tersebar luas di Instagram. Melihat antusiasme traveler yang datang, Bapak Riyadi sekeluarga berinisiatif untuk merapikan pekarangan rumah mereka pertengahan tahun 2015 lalu.

Halaman rumah mulai disemen dan dibangun pula warung kecil-kecilan untuk memanjakan perut traveler yang datang. Di pinggir tebing disediakan beberapa tempat duduk sederhana agar traveler bisa lebih nyaman menikmati pemandangan. Untuk memuaskan traveler yang ingin berfoto ria, dibuatlah spot foto ‘jembatan cinta’.

Nah, terhitung sejak saat itu, tempat ini akhirnya dikenal dengan nama “Spot Riyadi”. Lantas, apa saja sih yang bisa kita lakukan di Spot Riyadi? Tentunya banyak sekali hal menarik yang bisa kamu lakukan di sini. Mulai dari menikmati pemandangan sunrise dan sunset, hingga berkemah di pinggiran tebing menyaksikan pemandangan dramatis Candi Prambanan di malam hari. – baca : wisata malam jogja yang lagi hits

tiket masuk spot riyadi jogja 2018

malam jogja di spot riyadi @hajid_arif

Sejak awal ditemukan para pecinta fotografi, Spot di Riyadi menjadi tempat yang ideal untuk menikmati matahari terbit dan tenggelam. Jika Candi Borobudur punya Puntuk Setumbu, maka Spot Riyadi adalah “Puntuk Setumbu-nya” Candi Prambanan. Kamu tentu bisa membayangkan, betapa indahnya tempat ini ketika matahari muncul perlahan dan memberikan efek keemasan di wilayah jogja dan sekitarnya.

Dari Spot Riyadi kamu juga bisa menikmati eksotisme Candi Prambanan yang diselimuti kabut pagi dan awan tipis, benar-benar mempesona. Ketika malam tiba, gemerlap lampu kota membuat wilayah Jogja dan sekitarnya tampak seperti lautan bintang yang menakjubkan. Candi Prambanan pun terlihat semakin dramatis dengan lampu sorot warna-warni yang menyinarinya.

spot riyadi jogja

@ferdian_new

Yang tak kalah menarik adalah pesona Gunung Merapi, Gunung Lawu, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, dan Gunung Sumbing, yang bisa kamu nikmati saat cuaca cerah. Benar-benar perpaduan alam yang menakjubkan.

View Alam & Fasilitas di Spot Riyadi

Sangat cocok buat kamu yang ingin kabur sejenak dari hiruk pikuk kota untuk mencari ketenangan. Dan buat kamu yang sudah punya pasangan, tempat ini menjadi pilihan yang tepat untuk mengukir kenangan indah tak terlupakan bersamanya.

sunset di spot riyadi

@putrii_suryarini91

Oh ya, soal fasilitas kamu tidak perlu khawatir. Spot Riyadi sudah dilengkapi dengan kamar mandi dan toilet. Untuk makanan, warung sederhana milik Bapak Riyadi menyediakan berbagai menu, seperti ayam goreng, indomie, pisang dan tempe goreng, teh dan kopi, yang  dijual dengan harga terjangkau. Nah, buat yang ingin menginap atau berkemah, disediakan pula penyewaan tenda, matras, dan tikar.

Kapan Waktu Terbaik Berkunjung dan Bagaimana Rute ke Sana?

Karena pemandangan indah hanya bisa dinikmati secara maksimal saat cuaca sedang cerah, waktu terbaik untuk mengunjungi Spot Riyadi adalah sekitar bulan Mei-Agustus. Jika ingin menikmati sunrise datanglah sekitar pukul 05.00 pagi sedangkan untuk sunset datanglah sekitar pukul 16.00—17.30.

tiket masuk spot riyadi jogja 2018

@upiecupi

Tempat ini sangat ramai di akhir pekan sehingga lebih baik mengunjunginya saat hari biasa. Tiket masuknya gratis, hanya membayar biaya parkir kendaraan saja. Jika ingin berfoto di jembatan cinta, cukup memberi kotak dana sukarela.

Lokasi & Rute Spot Riyadi Jogja

Spot Riyadi terletak di Dusun Dawangsari, Desa Sambisari Prambanan, Kabupaten Sleman, Jogjakarta atau sekitar 3 kilometer arah selatan Candi Prambanan. Untuk rutenya (dari arah Jogja), setelah tiba di lampu merah Candi Prambanan, belok kanan melewati pasar dan jembatan kereta spot riyadi jogja

Sekitar 500 meter, kamu akan menemukan plang restoran Abhyagiri lalu ambil kiri dan ikuti jalan ini hingga sampai di restoran Abhyagiri. Nah, dari situ ikuti jalan menanjak dengan plang “Spot Riyadi”. Jalan menuju ke sini masih belum di aspal lumayan sih, tetapi untuk saat ini spot riyadi jogja terus mengalami pengembangan dan perbaikan sarana pariwisatanya. (map)

Itulah sedikit ulasan tentang Spot Riyadi yang belakangan banyak diperbincangkan. Bagaimana, sudah siap berkunjung ke sana?

Indahnya Sunset di Spot Riyadi Jogja – Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk
4.3 (86.67%) 3 votes