Wisata Gunung Merapi Kaliurang

Gunung Merapi Kaliurang merupakan salah satu gunung yang paling aktif di dunia. Gunung yang sering mengeluarkan awan panas atau “wedus gembel” ini sangat lekat dengan legenda “Eyang Merapi” yang disebut sebagai sang penunggu gunung. Namun terlepas dari sejumlah cerita mistis mengenai Gunung Merapi, ternyata di lereng Merapi terdapat spot wisata menarik yang perlu Anda kunjungi saat  berada di Yogyakarta, yaitu Kaliurang.
Tempat wisata alam tersebut berlokasi di Desa Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat baru tiba di Yogyakarta, Anda tentu sempat bingung bagaimana harus mencari kendaraan sewa untuk menuju wista Kaliurang. Jika menggunakan jasa taksi atau rental mobil tentu akan sangat menguras isi kantong. Yang paling pas adalah dengan jasa sewa rental motor, karena harga tentu lebih murah.

gunung merapi kaliurang

Gunung Merapi Kaliurang

Dari pusat kota Yogyakarta menuju Kaliurang, Anda perlu menempuh jarak sekitar 25 km, dan membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Lokasinya berada pada ketinggian 900 mdpl,persisinya di lereng selatan Gunung Merapi. Dengan mengendarai motor perjalanan Anda akan sangat lancar meski harus menaiki tanjakan demi tanjakan. Perjalanan pun terasa makin menyenangkan karena Anda akan disuguhi panorama alam yang masih hijau dan asri wisata jogja

kini saat nya Anda di Kaliurang. Hawa dingin pun mulai terasa menusuk tulang, dan saatnya untuk berkeliling. Tempat pertama yang perlu Anda kunjungi adalah Tlogo Putri yang merupakan wahana wisata air. Di tempat tersebut Anda bisa bermain kano, becak air, atau beberapa permainan lainnya. Tempat kedua yang harus Anda kunjungi adalah Gardu Pandang, yang merupakan pos pengamatan Gunung Merapi. Dari gardu pandang, Anda dapat menyaksikan Gunung Merapi dengan lebih jelas.

Museum Vulkanik Merapi

Selanjutnya itu Anda bisa menuju ke lokasi Museum Vulkanik Merapi, yang merupakan tempat dimana Anda bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai Gunung Merapi kaliurang, antara lain mengenai letusan Gunung Merapi, mitos yang berhubungan dengan Gunung Merapi, dan lain sebagainya.

Setelah  berada di museum, kini Anda bisa menuju ke Goa Jepang, yang merupakan sebuah goa bekas peninggalan tentara Jepang. Pada masa lalu, goa tersebut merupakan tempat persembunyian tentara Jepang dari kejaran tentara Sekutu. Keunikan dari goa ini adalah karena adanya 25 pintu goa yang saling terhubung satu sama lain. Untuk menuju goa ini  perlu berjalan kaki selama kurang lebih 45 menit.

Tempat selanjutnya yang direkomendasikan yaitu Taman Wisata Plawangan Turgo. Anda bisa menuju ke lokasi tersebut dengan cara berjalan kaki menyusuri hutan tropis yang indah dan asri. Suatu aktivitas yang menyenangkan karena banyak juga wisatawan yang akan berjalan kaki bersama Anda sambil menyaksikan kelompok monyet yang hidup di lokasi ini. Dari lokasi ini juga Anda bisa menyaksikan area bekas terjangan awan panas yang terjadi pada tahun 1994 silam.

kini saatnya anda untuk berburu kuliner khas gunung merapi Kaliurang berupa jadah,  tempe bacem, dan sate kelinci. Beberapa kuliner tersebut bisa  dinikmati di lokasi, dan jangan lupa sebagian dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Nah, selamat berlibur! di kutip dari www.wsrentaljogja.com

Wisata Gunung Merapi Kaliurang
1 (20%) 1 vote[s]